Laman

Rabu, 21 November 2012

sulap matematika asyik


KUMPULAN PERMAINAN MATEMATIKA ASIK


Permainan Matematika-Menebak Tanggal Lahir Orang Lain
Diterbitkan 14 Mei, 2008 Math 79 Comments


Untuk Sukses UM UGM 2010

Ya, kali ini saya akan mencoba menuliskan sebuah permainan matematika yang sederhana tapi cukup menarik, karena dengan permainan ini anda bisa mengetahui tanggal lahir orang lain melalui perhitungan angka-angka. Ya, anda cukup ajak teman anda yang anda ingin ketahui tanggal lahirnya untuk bermain dengan angka bersama anda, lalu anda dapat mengetahui tanggal lahirnya, mudah bukan?
Begini, misalnya anda memiliki seorang yang sedang ditaksir lalu anda tidak mengetahui hari ulang tahunnya, maka anda dapat menggunakan permainan ini untuk mengetahui hari ulang tahunnya.
Begini caranya
Pertamax
Ada tiga option yang harus dipilih salah satu pada langkah pertama ini:
1. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) cukup pandai dalam menghitung, maka suruh dia memegang kertas/buku beserta pulpen (untuk coret-coretan menghitung tentunya)
2. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak cukup pandai dalam berhitung, maka suruhlah dia memegang kalkulator(untuk digunakan menghitung nanti tentunya)
3. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak bisa berhitung sama sekali dan tidak bisa menggunakan kalkulator, mending jangan diteruskan permainan ini, soalnya nanti sia-sia saja (ya iya lah?)
Kemudian
Suruh teman anda untuk melakukan perhitungan ini:
A. mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 (tanggal lahir dia X 5)
B. hasil perhitungan pada langkah A tambahkan dengan 6 (hasil A + 6)
C. hasil perhitungan pada langkah B kalikan dengan 4 (hasil B X 4)
D. hasil perhitungan pada langkah C tambahkan dengan 9 (hasil C + 9)
E. hasil perhitungan pada langkah D kalikan dengan 5 (hasil D X 5)
F. hasil perhitungan pada langkah E tambahkan dengan bulan kelahirannya
(NB: Januari=1, February=2, dst)
Setelah langkah A sampai dengan F selesai, mintalah teman anda untuk memberitahukan hasil perhitungannya kepada anda, lalu anda kurangi hasil yang diberitahukan teman anda itu dengan angka kunci, yaitu 165 (hasil perhitungan – 165) nah lalu anda sekarang sudah mengetahui tanggal lahir teman anda.
Contoh:
Hasil perhitungan tanggal lahir saya melalui langkah A sampai dengan F adalah 2767.
Hasil itu dikurangi 165 , jadi 2767-165 = 2602
yap 2602 itu menunjukan tanggal lahir saya, yaitu tanggal 26 bulan 02
Yap sekarang anda dapat mencobanya sendiri dan buat kagum teman anda. Selamat mencoba!


sebelumnya buka program kalkulator dolo

Ketik tanggal lahir anda, kemudian :
a. dikalikan 4,
b. ditambah 13,
c. dikalikan 25,
d. dikurangi 200,
e. ditambah Bulan lahir anda
f. dikalikan 2,
g, dikurangi 40,
h. dikalikan 50,
i. ditambah dua digit terakhir dari tahun lahir anda (Cth : 80)
j. terakhir dikurangi 10.500

Dari langkah-langkah a-j, maka anda akan menemukan suatu angka yang unik!

sebutin angkanya disini ^^


Matematika tidak harus menjadi momok menakutkan, karena matematika juga mengasyikkan sebagai permainan. Selain menghibur, juga bermanfaat untuk mencari informasi penting, hari kelahiran misalnya.

Berikut ini adalah beberapa permainan dengan perhitungan Matematika. Anda bisa mengajak anak anda untuk mengikuti permainan ini, agar mereka semakin menyenangi matematika dan angka-angka. Anda bisa melakukan perhitungan di atas kertas, boleh juga menggunakan sebuah kalkulator – kalau bisa dengan layar berdigit 12 atau lebih – agar hasilnya lebih menarik. Semakin banyak peserta permainan, tentu akan lebih mengasyikkan.

Permainan I

Layar kalkulator akan menampilkan tanggal lahir anda; bulan/tanggal/tahun.
Langkah-langkah:
1. Kalikan angka bulan kelahiran dengan 4
2. Hasilnya tambahkan dengan 13
3. Kalikan 25
4. Dikurangi dengan 200
5. Tambahkan hasilnya dengan angka tanggal lahir
6. Kalikan 2
7. Hasilnya dikurangi 40
8. Kalikan 50
9. Tambahkan hasilnya dengan dua digit terakhir dari angka tahun (1980 diambil 80)
10.Terakhir kurangi dengan 10.500


Permainan II

Layar kalkulator akan menampilkan tanggal lahir anda, serta usia anda sekarang
1. Masukkan tanggal kelahiran anda pada kalkulator. Dahului bulan kelahiran, diikuti tanggal lahir (untuk angka bulan 1 sampai dengan 9 diketik dengan angka 0 di depannya, misalnya 01 = Januari), kemudian dua digit terakhir dari angka tahun.
2. Kalikan angka itu dengan 2
3. Hasilnya jumlahkan dengan 5
4. Kalikan hasilnya dengan 50
5. Tambahkan dengan 1758 kalau anda belum berulang tahun, atau 1759 jika anda sudah melewati hari ulang tahun anda tahun ini.
6. Kurangkan hasilnya dengan keempat digit angka tahun kelahiran.
Hasilnya adalah satu atau dua digit pertama adalah bulan kelahiran, dua digit kedua adalah tanggal lahir, dua digit ketiga adalah tahun kelahiran, dan dua digit terakhir adalah usia anda sekarang.


Permainan III

Menemukan hari kelahiran anda
Langkah-langkah:
1. Tentukan tanggal kelahiran yang dicarik harinya, misalkan 16 September 2009.
2. Tentukan jumlah hari dalam tahun itu, sejak awal tahun hingga hari lahir. Untuk tahun kelahiran kabisat, atau tahun yang habis dibagi dengan 4 dan seterusnya, maka jumlah hari di bulan Pebruari adalah 29 hari (tahun-tahun kabisat adalah dari sebelumnya … 1968, 1972, 1976, 1980, 1984, 1988, 1992, 1996, 2000, 2004, 2008, 2012, dst)

Tabel 1

Januari=31, Pebruari=28 atau 29, Maret=31, April=30, Mei=31, Juni=30, Juli=31, Agustus=31, September=30, Oktober=31, Nopember=30, Desember=31
Maka jumlah hari adalah 31 (Januari) + 28 (Pebruari) + 31 (Maret) + 30 (April) + 31 (Mei) + 30 (Juni) + 31 (Juli) + 31 (Agustus) + 16 (September) = 259

3. Angka tahun dikurangi dengan 1 = 2009-1 = 2008

4. Hasilnya dibagi dengan 4 dan abaikan angka desimalnya = 2008 : 4 = 502
5. Jumlahkan angka tahun dengan jumlah hari dan hasil perhitungan no.4 = 2009 + 259 + 502 = 2770
6. Hasilnya dibagi dengan 7 = 2770 : 7 = 395,7
7. Perhatikan angka desimalnya, dan cocokkan dengan tabel 2 di bawah. Angka desimalnya 7 = hari Rabu

Tabel 2

0 = Jumat, 1 = Sabtu, 2 = Minggu, 3 = Senin, 4 = Selasa, 5 = Rabu, 6 = Kamis, 7 = Rabu, 8 = Kamis


Permainan IV

Layar kalkulator akan menampilkan nomor telepon 7 digit anda
1. Masukkan tiga digit pertama dari nomor telepon anda di kalkulator (tidak termasuk 0 di depannya)
2. Hasilnya kalikan dengan 80
3. Tambahkan hasilnya dengan 1
4. Kalikan 250
5. Hasilnya tambah dengan empat digit terakhir nomor telepon itu
6. Tambahkan sekali lagi dengan empat digit terakhir itu
7. Hasilnya kurangi 250
8. Bagi hasilnya dengan 2


Permainan V

Layar kalkulator akan menampilkan nomor telepon 12 digit anda
1. Masukkan tujuh digit pertama nomor telepon anda (tidak termasuk 0 di depannya)
2. Kurangkan dengan angka dua digit terakhir dari tujuh angka no.1
3. Hasilnya kalikan 80
4. Tambahkan dengan 1
5. Kalikan hasilnya dengan 250
6. Tambahkan hasilnya dengan enam digit terakhir dari nomor telepon anda
7. Sekali lagi tambahkan dengan angka yang sama
8. Hasilnya kurangi dengan 250
9. Bagi hasilnya dengan 2


Nah, ternyata bermain matematika cukup menghibur, kan?

Sulap angka 1-8
Sulap angka 1
SULAP ANGKA
pilih 1 penonton diantara kumpulan penonton
-mintalah kepada penonton untuk menulis 3 angka misalkan 579 tanpa memberitahu anda
-mintalah kepada penonton untuk membalikkan angka tadi misalkan: 579 skg di balik menjadi 975
-lalu pesulap menyuruh untuk mengurangkan ke2 bilangan tersebut
ingat yg di atas adalah angka yg terbesar dan sebaliknya
-lalu penonton mengurangkan hasilnya
975-579=396
-lalu pesulap meminta penonton untuk memberitahukan angka yg depan
-lalu penonton mengatakan “3″
-lalu dengan segera pesulap dapat segera mengetahuinya yaitu 396
rahasianya
bilangan di tengah selalu merupakan angka 9 jika penonton mengatakan 3 lalu anda tinggal mengurangkan angka 9 dgn 3=6
jadi hasil seluruhnya 396
Sulap angka 2
-cari seorang penonton pastikan dia bisa menghitung perkalian penambahan ama pembagian
-suruh dia memikirkan angka 1-10,lalu suruh dia menyimpannya di dalam hati.
-lalu anda bilang ke penonton tersebut kalikan angka yg anda pilih dengan angka 2
-lalu setelah sudah di tambah dengan angka yg tadi di simpan
-trus dibagi angka pilihan yg tadi di simpan
-trus pesulap tadi merenung sejenak,saat ini penonton sudah memegang angka yg tadi di sebut yaitu 3 -lalu pesulap tadi mengatakan “jumlah seluruh nya 3 khan”.
-penonton pasti mengatakan “koq tahu” rahasianya: rumusnya seperti ini
y x a +y : y
keterangan
y=angka yg di pilih penonton
a=pengalian contohnya seprti ini saya di tanya seorang pesulap “silakan anda pilih angka1-10 trus saya menyimpan angka 3 di dalam hati lalu pesulap mengatakan kalikan 2 dengan angka yg anda pilih lalu3*2=6 lalu di tanya lagi tambahkan lagi dengan angka yg saya pilih 6+3=9 pesulap tanya lagi bagikan lagi dengan angka yg saya pilih 9:3=3 rahasianya amatlah mudah saat akan mengalikan umpama angka 2 trus ditambahkan saja dengan 1 jadi 2+1=3 mudah khan!!!!!!! jadi sulap ini hanya mengandalkan perkalian saja dan ditambahkan angka 1
Sulap angka 3
Menebak angka di dalam hati
-suruh seseorang memikirkan sembarang angka
-suruh dia untuk menghitung dengan rumus
y x 2 + 5 x 5 + 4=hasil(y=angka penonton)
cara menebak:
hasil terdiri dari 2 ato 3 angka & angka terakhir merupakan angka 9
untuk menebak:
jika hasilnya terdiri dr 2 angka kurangi angka depan (hny angka depan) dgn 2
contoh hasil pernonton 69=6-2=4 berarti angka yg di pikir penonton adalah 4
jika terdiri dari 3 angka kurangi 2 angka dengan bilangan 2
contoh hasil 109=10-2=8 berarti angka yg dipiir penonton 8
so!!! kalo dia bilang 69 berarti angka yg di pikir td adalah 4 (6-2=4)
catt:sebenarnya angka boleh ampe jutaan,cuma kek-nya ga ungkin kita nyuruh orang ngitung pake metode awangan ….o ya spt yg gwe bilang td,berapapun hasilnya angka belakang pasti 9
Sulap angka 4
suruh orang bayangin angka misalnya 15 dan anda tdk tahu.
trus suruh nambah angka terserah anda misal 2 nah pas di situ anda olah aja angkanya sendiri yg penting nanti angkanya kembali ke angka di tadi yaitu 17,trus dikurangi dengan angka yg di simpan tadi yaitu 15 jadi 15-7=2
jadi angka terakhir sudah dapat yaitu 2
rumusnya spt ini(triknya)
y+A+B+C-D=E-Y=A
CONTOH:
15 +2 +5 +10 -15=17 – 15=2
keterangan
y=angka yg di bayangin
A=angka pertambahan
B=angka pertambahan
C=angka pertambahan
D=angka yg di kurangkan dari B&C
E=hasil akhir
Sulap angka 5
-tulis sebuah angka 1089 di atas secarik kertas lalu lipat kertas tsb&letakkan di atas meja(prediksi)
-anda minta kpd salah seorang penonton utk menentukkan 3 angka seperti tadi
-setelah selesai balikkan angkanya lalu dikurangi
-setelah selesai balikkan angkanya lalu ditambahkan
-penonton sudah mendapatkan angkanya
-berikan prediksi tadi kpd penonton
-ternyata jawaban penonton dengan pesulap sama yaitu 1089
rahasianya:
misal bil.yg di pilih penonton td 123
cont:
321
123
_____ -
198
891
_____ +
1089
berapapun angkanya jumlah seluruhnya pasti 1089
Sulap angka 6
Dengan trik sulap ini, ada bisa memanipulasi pikiran 5000 atau lebih penonton dalam waktu yang bersamaan.
Note : Trik magic ini bisa anda gunakan sebagai pembuka, dan anda bisa mengatakan bahwa “Saya akan membagikan sebuah trik membaca pikiran yang nanti bisa dilakukan oleh anda semua (penonton) di rumah.”
Prosedur
1. Katakan bahwa anda akan mencoba memanipulasi pikiran seluruh penonton yang ada dengan angka (Jika perlu sediakan papan tulis untuk menuliskan instruksi anda sehingga dapat dilihat oleh audiens). Anda bisa berkata “Silakan pilih angka berapapun dari 0 hingga satu milyar, bahkan hingga satu trilyun, tapi usahakan angka yang sederhana saja, karena kita akan bermain dengan sedikit hitungan”.
2. Perintahkan para penonton untuk mengalikan dua angka yang telah dipilihnya tadi.
3. Kemudian tambah dengan enam.
4. Bagi dua
5. Kurangi angka tersebut dengan angka yang pertama kali dipikirkan.
6. Pasti hasilnya 3!
Kuncinya adalah pada poin no.3. Berapapun angka yang anda minta tambahkan, pasti hasilnya setengah dari angka yang ditambahkan tersebut. Misal anda meminta menambah 8, pasti hasil akhirnya 4. Agar tidak tampak seperti rumus, setelah langkah ke-5, anda bisa meminta satu penonton untuk menyebutkan tanggal lahirnya, dan minta seluruh audiens untuk menjumlahkan angka yang mereka peroleh dengan tanggal lahir tersebut. Pasti hasilnya tetap sama.
Catatan : Walaupun trik ini terkesan sangat sederhana dan seperti “mainan anak SD”, tapi cukup efektif untuk merebut simpati penonton di awal pertunjukan
Sulap angka 7
gilaxxxxxx ampe segitunya gwe posting sulap angka ampe ke 7 gpp deh buat nyenengin pengunjung
to the point aja
-suruh orang mikir 4 angka misal 2134
-lalu anda menuliskan angka 22132 di kertas untuk predikisi
-setelah selesai menulis bil.suruh penonton tadi untuk mencari 4.angka lagi misal 3760
-setelah selesai,anda membantunya dengan angka 6239
-suruhlah penonton untuk mencari 4 angka lagi mis.1670
anda membantunya dengan angka 8329
lalu semuanyadi jumlah liat gambar
cont dia atas tadi

-tenyata jawaban pesulap dengan penonton sama yaitu 22132

rahasianya:
angka pilihan penonton pertama kali dikurangi dengan 2 dan depan tambahkan dengan angka 2 jadi 2134 dikurangi dengan 2=2132 depan tambahkan 2 jadi 22132
lalu saat pesulap membantu dengan angka tsb karena akan mengarahkan ke prediksi tadi
caranya
dengan kata kunci 99999- angka penonotn
pesulap memilih 6239 karena pilihan penonton ke2 3760 jadi 9999-3760=6239
pesulap memilihg 8329 karena pilihan penonton ke4 1670 jadi 9999-1670=8329
mudah khan!!!!!!!!
Sulap angka 8
Tau tidak,?! Kalau seorang mentalist mampu menghitung lebih cepat daripada orang normal lain. Saya akan ajarkan sebuah permainan menghitung.
Ini triknya:
Siapkan 4 potong kertas karton, terserah anda pilih mana yang depan dan mana yang belakangya.

Anda ajak 2 orang dalam permainan ini, anggap saja 2 orang ini bernama A dan B. Anda suruh si A mengacak kartontersebut, boleh dibalik(depan jadi belakang/belakang jadi depan). Sehingga membentuk susunan baru. Misal setelah di acak oleh si A susunannnya menjadi


Suruh si B menjumlahkannya dengan menggunakan kalkulator, sedangkan anda juga menghitung. Di sini lah pembuktian kelebihan anda dalam permainan ini. Anda bisa menjumlahkannya lebih cepat daripada si B.

3954 + 8103 + 6528 + 4466 + 7272 = 30323
Anda lihat hasilnya adalah 30323, anda bisa mendapatkan hasilnya lebih cepat dengan hanya menjumlahkan 22220 + 8103 = 30323
Jadi, anda hanya tinggal menjumlahkan 22220 dengan angka yang berada di urutan ke2…
jadi rahasianya pada urutan nomor 2 lalu di tambah 22220
NB:ANGKANYA JANGAN DI GANTI
Urutan karton boleh di acak sampai bagaimanapun misal yg depan jadi posisi akhir dst.
@Hmm, thx ya bt magicnya. Kalau gitu saya bagi sedikit magic aku. Aku biasanya menyebutinya prediksi angka. Caranya kamu suruh ‘korban’ untuk memikirkan satu angka(pastinya tidak diberitau kpd magician), misalnya angka yg dia pikirkan 6. Setelah itu di suruh kalikan 3, n setelah itu suruh ‘korban’ utk mentambahkan angka itu dgn angka yg prtama disuruh pikirkan. Setelah itu dibagi angka yang prtama dipikirkan. Dan hasilnya pasti 4! enapa begitu, kenapa bisa tepat? Begini rumusnya..
a x b + a : a = b+1
ket: a = angka yg dipikirkan
b = angka dari magician
Jadi,bisa dikalikan berapa saja. Dan hasilnya pasti b + 1
ns: ini adalah trik sederhana yg perlu diperkembangkan. Jadi kalau ada yg punya ide kabari. n jika bingung tar post lagi..
@ • mas(ter) akzerikho, kalo yg trik 1089 itu klo mke 122 knapa hasilnya malah 198 ? bukan 1809 ? thx

Alan berkata,
17 Mei 2009 pada 11:59
122 = 221 , 221 – 122 = 99 + 99 = 198 . . . .

Nameless Magician berkata,
18 Mei 2009 pada 00:08
Utk kk Akzerikho: Thx buat pengertiannya
- – - – - – - – -
Utk Alan: mungkin aku bisa menjawab. Sebenarnya angka yg harus dikurang itu depannya adalah angka yg lebih besar.
々CONTOH #1
631-136=495, lalu di tambahkan dari kebalikan hasilnya. Jadi: 495+594=1089
々CONTOH #2
912-219=693+396=1089
々CONTOH #3
721-127=594+495=1089
Silahkan Coba..
Kalo trik yg pake 1089 pake angka 221 atau 122 ada prosedur khususnya.
Gini 221 – 122 = 099 (bukan ditulis 99) so 099 + 990 = 1089
Mudah kan??? Trik ini pernah gw teliti lagi. Gw hobi meneliti trik sulap yg udah ada karena gw suka ga puas sama apa yg udah ada. N sulap angka 7 udah gw kembangkan jadi gw bisa pake operasi hitung pengurangan. Tapi tu trik gw dapet duluan di wikumagic dan dia menulis sumbernya buatan dia original.
Trik Sulap Matematika: Menebak Angka
2008 September 29
tags: keterbagian, matematika, sulap, trik
by Charles
Lagi pengen bagi-bagi trik sulap… Sebenarnya sih bukan sulap juga, tapi trik matematika biasa, tapi ternyata masih banyak yang belum tahu, hehe…
Jalan Permainan
Pertama, minta seseorang memilih bilangan empat angka (misal: 8552). Lalu, minta dia mengurangi bilangan tersebut dengan angka-angka penyusunnya (contoh: 8552 – 8 – 5 – 5 – 2 = 8532). Selanjutnya, dari hasil yang diperoleh (8532), mintalah dia untuk menyembunyikan sebuah angka dan menyebutkan angka sisanya. Lalu buatlah dia terkejut dengan menyebutkan angka yang dia sembunyikan dengan cepat. (contoh: dia menyembunyikan angka 5 dari 8532, lalu menyebutkan tiga angka sisanya: 8, 3, dan 2. Lalu Anda dengan cepat berkata, “Angkanya 5 kan….”).
Trik
Bagaimana? Apakah Anda cukup terkejut dengan “sulap” di atas? Triknya ternyata mudah saja… Bagaimana? Jumlahkanlah angka yang diberikan (8 + 3 + 2 = 13), lalu cari bilangan kelipatan sembilan yang terdekat dengan angka tersebut tetapi lebih besar atau sama dengan angka itu (dalam hal ini bilangan kelipatan 9 yang terdekat dan lebih besar atau sama dengan 13 adalah 18). Lalu, kurangkan 18 dengan 13 dan Anda akan mendapatkan jawabannya: LIMA!
Sebagai catatan, Anda akan mengalami sedikit kesulitan jika jumlah dari tiga angka yang diberikan adalah kelipatan 9. Jika itu terjadi, maka angka yang disembunyikan ada di antara 2 kemungkinan, 0 atau 9. Anda dapat mengakalinya dengan bertanya, “Angkanya besar kan…?”. Kalau responnya negatif, berarti angkanya 0 dan kalau responnya positif, berarti angkanya 9. Ini hanya salah satu cara, Anda bisa berkreasi dengan cara lain…
Penjelasan
Nah, apakah Anda penasaran mengapa trik di atas bisa berjalan? Saya akan menjelaskannya. Pertama, yang harus Anda ketahui adalah ciri-ciri dari sebuah bilangan yang habis dibagi 9 adalah jumlah angka-angka penyusunnya habis dibagi 9 juga. Tidak percaya? Coba saja: 81 habis dibagi 9, maka 8 + 1 = 9 habis dibagi 9 juga. 87651 habis dibagi 9 karena 8 + 7 + 6 + 5 + 1 = 27 habis dibagi 9. 8421 tidak habis dibagi 9 karena 8 + 4 + 2 + 1 = 15 tidak habis dibagi 9.
Sekarang Anda sudah tahu ciri dari bilangan yang habis dibagi 9. Kita kembali pada permainan di atas. Misalkan bilangan yang dipilih adalah “abcd”. Bilangan ini bisa dituliskan menjadi 1000a + 100b + 10c + d. Lalu, mengurangkan bilangan tersebut dengan angka-angka penyusunnya berarti (1000a + 100b + 10c + d) – a – b – c – d = 999a + 99b + 9c = 9(111a + 11b + c). Artinya, hasilnya pastilah sebuah bilangan yang habis dibagi 9, maka jumlah angka-angka penyusun dari hasilnya pun habis dibagi 9
Kumpulan Trik Sulap - skaters - 1 Nov 2007 19:36

1. Balon Anti Pecah:

efek : sang pesulap meniup balon hingga membesar dan pesulap menusuk paku ke balon tersebut sebanyak-banyaknya tetapi ternyata tidak pecah.
rahasia : sebelumnya balon dikasih solatip potong persegi yang kecil terserah sesuai sejumlah paku yang mau ditusuk tetapi solatip berada pada depan mulut bukan pada pandangan penonton. jadi solatip tidak akan kelihatan pada saat anda meniup. setelah itu anda menusukkan paku pada solatip dijamin tidak pecah. kalau pecah berarti balonnya terlalu besar.



2. Mind Reading yang simple

efek : pesulap bisa tahu 3 tulisan angka yang ditulis penonton pada saat penonton menyebut salah satu angka di depan atau belakang
rahasia : sebutkan 3 angka dari besar ke kecil antara 1 - 9 contoh seperti ini
654 setelah itu tulis dibawah angka terbaliknya
456 lalu kurangin angka atas dengan yang bawah
654 - 456 = 198
suruh penonton menyebutkan salah satu saja angka depan atau belakang jika dia menyebutkan angka depan 1 maka tinggal dikurangin 9 sebagai angka paling belakang atau sebaliknya dan angka tengah selalu sembilan jadi anda bisa menebak 198. buktikan sendiri.



3.Membuat sulap menjadi angka kesayangan anda

EFEK DAN RAHASIANYA
Pesulap menulis angka 12345679 dikertas, lalu dia menanyakan angka kesayangan penonton misal dia sebut angka 5 . Lalu pesulap menyuruh mengkalikan angka 12345679 dengan 45 [ rumus= angka kesayangan x 9 ][misal : 5 x 9 =45 ] maka 12345679 x 45 =555555555

@Menebak 3 Angka

Kalian suruh orang lain untuk memikirkan 3 angka. Syaratnya,angka depan harus lebih besar daripada angka di belakangnya. Contoh: 321. Setelah itu,kalian minta dia mengurangi angka tadi dengan kebalikan angka yang ia pikir. Jadi:321-123=198.
Hasil tadi,kita tambah dengan kebalikan hasil. Jadi:198+891=1089.
Nah,kalian tinggal pura2 baca pikirannya, dan tebak hasil hitungan tadi,yaitu:1089. Rahasianya,3 angka apapun itu,asal angka depan lebih besar dan dikerjakan dengan rumus seperti tadi,hasilnya pasti 1089. Coba aja kalo nggak percaya.
@Ada satu trik sulap matematika lagi untuk dilakukan dengan kalkulator (terutama kalkulator 'sayur' atau kalkulator saintifik model lama yang ga ada kolom 'formula' nya). Caranya, ketik 12345679 dengan cepat, lalu kalikan dengan 9. Hasilnya adalah 111111111.

Kalau pengen rada usil, bilang kalkulator teman/saudara kalian rusak, lalu lakukan perhitungan 123456789 x 9 di kalkulator mereka. Sesudah itu, lakukan perhitungan di atas dengan kalkulator kalian, dan katakan "harusnya hasilnya satu semua... kaya kalkulator saya...


@Menebak Angka Paporit

Suruh seseorang memikirkan angka dari 1-20.Lalu suruh dia untuk menghitung angka itu dengan rumus:
n x2 +5 x5 +4=hasil (n=angka yg dipikirkan) suruh dia*dari tadi suruh mulu!* untuk mengatakan hasilnya.misalnya hasilnya adalah 69.
Cara menebak: hasil terdiri dr 2 ato 3 angka, dan angka terakhir pasti 9. Untuk menebak, jika hasilnya terdiri dari 2 angka,kurangi angka depan(ingat,hanya angka depan!) dengan bilangan 2. Jadi jika terdiri dari 3 angka, kurangi 2 angka depan dengan bilangan 2.
So,kalo dia bilang hasilnya 69,berarti angka yg dia pikir adalah 4. (6-2=4)
Catatan:sebenernya angkanya boleh sampe jutaan,cuma kek nya nggak mungkin kita nyuruh orang ngitung kaya gitu pake metode awangan... O ya,seperti yang kubilang tadi,apapun hasilnya, angka belakangnya pasti 9..
@(sbenernye ni sulap aku pake buat hibur anak kecil yg nangis )
-siapin satu kotak korek api, dibuka trus blakangnya di selipin duit yang dilipet kecil sekecil kecilnya (jangan ditutup ok!)
trus mulai deh, caranya:
bilang ajah ama temen kalo kamu bisa sulap duit dari api ajaib..

nyalain korek apinya, cisss trus kan apinya gede tuh, usahain alihkan perhatian ke api itu

selagi perhatian masih tertuju pada api, tutup korek apinya dan uang akan otomatis jatuh ke tanganmu
(ehm sebelumnya, cara megang korek apinya tuh telapakmu lurus, trus belakang korek api, yang berisi uang, menghadap ke kamu... trus isi korek apinya tuh menghadap ke temen kamu.. jadi pas nutup pake jari tengan ato telunjuk, uang pasti jatoh ke telapaktanganmu)
tutup telapak tanganmu supaya uangnya gak keliatan...
siap tuh tiup apinya dan buka tanganmu TRING! uang yang kelipet, kamu buka pelan2
sip deh~!

susah ya?

aku juga perlu latihan 5-6 kali baru lancar

bagi yg suka sulap..silahkan kunjungi blog aq..www.victorcubers.blogspot.com

disana ada byk sekali trik sulap gratis.aku berikan salah satu triknya

Nah, buat kamu yang pengen tahu berapa duit saku temen tanpa bertanya, ada caranya. Tapi biar keren, aq sarankan jangan langsung tanya, mending pakai tebakan umur sekalian. Gini nih caranya ...

Pertama, tanyain dulu umur temen kamu itu. Terus, suruh juga dia inget-inget duit yang ada di dompetnya atau sakunya saat ini (kalau mau suruh dia periksa dulu aja tapi jangan sampe keliatan sama kamu). Contohnya yah, misal umur temen kita itu 15 terus di dompetnya ada duit 50.000, nah duit sakunya kan 50.000 tapi ntar kita tulis tanpa ribuan-nya, contohny kao 5.000 tulis 5 aja atau kalo 35.000 tulis aja 35. Ikuti aja instruksi berikut :
1. Tuliskan umurmu ( 15 )
2. Kalikan 4 ( 15 x 4 = 60 )
3. Tambahkan 10 ( 60 + 10 = 70 )
4. Kalikan dengan 25 ( 70 x 25 = 1750 )
5. Kurangi dengan jmlah hari dalam setahun [365] ( 1750 – 365 = 1385 )
6. Tambahin dengan duit kamu sekarang ( 1385 + 50 = 1435 )
7. Terakhir tambahkan dengan 115 ( 1435 + 115 = 1550 )

@ Setelah temen kamu selesai melakukan serangkaian operasi tersebut, coba tanyakan hasil akhirnya ( tapi inget satu hal, hasil temen loe itu harus bener – soalnya hasil ini aku jamin gak akan salah kecuali temen kamu itu yang salah itung ) bilangan pada digit ribuan dan ratusan menunjukan umur temanmu itu, sedangkan dua bilangan pada digit puluhan dan digit satuan menunjukkan uang saku temanmu dalam ribuan.


Dari contoh diatas, hasil akhirnya 1550 maka, angka 15 ini menunjukkan umur teman kamu – terus 50 ini adalah uang saku temen kamu ( 50.000 ) Tapi inget ! ini hanya berlaku untuk uang saku dibawah 100.000

@ @ai izazi: punya sih, tapi rada gampang ketauan.
gpp deh, aku kasih aja
1. siapin kertas dan pena. Trus suruh temenmu buad nulisin umur dia tahun ini (setelah berulang tahun)
2. Tanya dia, 'kamu pernah gak ngalamin hal istimewa? kalo ada, tulisin tahun terjadinya hal istimewa itu, di bawah umur kamu tadi.'
3. trus suruh dia nulis udah berapa tahun lamanya sejak hal istimewa itu terjadi
4. lalu, suruh dia nulis tahun lahirnya dia
5. kalo udah, suruh dia jumlahin semuanya. kamu suruh dia konsentrasi dan pikirkan angka hasilnya
lalu, kamu bisa tau hasilnya yaitu : tahun sekarang dikali 2. kalo tahun ini 2009 berarti 2009 x 2=4018

hehe..

gampang ketauan kan?
tapi kamu jgn bilang kalo kamu udah kaliin 2 .. dalem hati aja ngaliinnya, OK?


Tags: matematika, perhitungan, permainan, ulang tahun

Comments (0)

Poskan Komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar