Halaman

Rabu, 21 November 2012

Trigonometri berasal dari dua kata Yunani, trigo-non (segitiga) dan metron (pengukuran). Secara sederhana kita bisa mengartikannya sebagai pengukuran segitiga. Tiga fungsi dasar Trigonometri Sesuai namanya trigonometri diawali dengan segitiga. Perhatikan segitiga siku-siku di bawah! trigono-1 Saya tidak akan menggunakan notasi x, y, dan z di sini. Selain terlalu formal, notasi itu juga memusingkan, Anda akan menyadarinya nanti. Garis yang ada di depan sudut a kita sebut hadap. Garis yang miring tentu saja kita sebut miring. Sisanya kita sebut saja apit. Tiga fungsi dasar di trigono yang paling dasar dan harus Anda ketahui adalah sin (sinus), cos (cosinus), dan tan (tangent). Berikut definisinya: \sin\alpha =\frac{hadap}{miring} \cos\alpha =\frac{apit}{miring} \tan\alpha =\frac{hadap}{apit} Mulai menggunakan ketiga fungsi dasar trigono Sekarang lihat gambar di bawah. Saya telah mengganti hadap, apit, miring, dan alpha dengan angka yang sesungguhnya. trigono-4 Jadi, dengan mengganti hadap, miring, dst dengan angka-angka di atas kita memperoleh hasil sebagai berikut: \sin 30 =\frac{1}{2} \cos 30 =\frac{ \sqrt{3}}{2} \tan 30 =\frac{ 1}{\sqrt{3}} Bagaimana jika segitiganya berbeda? Masalah yang sering memusingkan para pelajar adalah ketika segitiganya diputar? Konsepnya tetap sama, garis di depan sudut disebut hadap, garis miring disebut miring, dst. Perhatikan gambar di bawah. trigono-2 trigono-3 Saya cukupkan bahasan dasar ini, di tutorial berikutnya kita akan membahas sudut-sudut istimewa. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar di bawah.

Trigonometri berasal dari dua kata Yunani, trigo-non (segitiga) dan metron (pengukuran). Secara sederhana kita bisa mengartikannya sebagai pengukuran segitiga.

Tiga fungsi dasar Trigonometri

Sesuai namanya trigonometri diawali dengan segitiga. Perhatikan segitiga siku-siku di bawah!
trigono-1
Saya tidak akan menggunakan notasi x, y, dan z di sini. Selain terlalu formal, notasi itu juga memusingkan, Anda akan menyadarinya nanti. Garis yang ada di depan sudut a kita sebut hadap. Garis yang miring tentu saja kita sebut miring. Sisanya kita sebut saja apit.
Tiga fungsi dasar di trigono yang paling dasar dan harus Anda ketahui adalah sin (sinus), cos (cosinus), dan tan (tangent). Berikut definisinya:
\sin\alpha =\frac{hadap}{miring} \cos\alpha =\frac{apit}{miring} \tan\alpha =\frac{hadap}{apit}

Mulai menggunakan ketiga fungsi dasar trigono
Sekarang lihat gambar di bawah. Saya telah mengganti hadap, apit, miring, dan alpha dengan angka yang sesungguhnya.
trigono-4
Jadi, dengan mengganti hadap, miring, dst dengan angka-angka di atas kita memperoleh hasil sebagai berikut:
\sin 30 =\frac{1}{2} \cos 30 =\frac{ \sqrt{3}}{2} \tan 30 =\frac{ 1}{\sqrt{3}}

Bagaimana jika segitiganya berbeda?

Masalah yang sering memusingkan para pelajar adalah ketika segitiganya diputar? Konsepnya tetap sama, garis di depan sudut disebut hadap, garis miring disebut miring, dst.
Perhatikan gambar di bawah.
trigono-2
trigono-3
Saya cukupkan bahasan dasar ini, di tutorial berikutnya kita akan membahas sudut-sudut istimewa. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar